Selasa, 07 Oktober 2014

SOFTSKILL



BASIS DATA

Basis data adalah kumpulan data yang disimpan dalam penyimpanan elektronik, dan biasa digunakan oleh enterprise. Enterprise tersebut juga biasa disebut dengan Enterprise System. Enterprise system merupakan sistem yang dibangun oleh organisasi untuk membantu menyelesaikan proses bisnis yang ada pada perusahaan, sehingga enterprise system dapat mendukung tujuan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang ada pada organanisasi untuk mencapai tujuan yang dituju.
Tujuan dari basis data yaitu untuk mempercepat pencarian. Contohnya, seperti kita meletakan sesuatu tapi disembarang tempat. Itu akan menghambat apa yang sedang kita cari. Begitu hal nya dengan basis data.
            Selain itu dalam basis data juga dikenal dengan istilah DBMS (Data Base Management System), software yang digunakan untuk mengatur basis data. Contoh software dari DBMS yaitu: SQL, Oracle, Ms.Access, DBZ, IBM DB2, dll. Perbedaan dari itu semua pada software tersebut terlihat pada skala penyimpanan.
Dibawah ini adalah komponen-komponen pada sistem Basis Data yaitu :
1.      Hardware
Biasanya berupa perangkat komputer standar, media penyimpan sekunder dan media komunikasi untuk sistem jaringan.

2. Operating System
Yakni merupakan perangkat lunak yang memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer. Harus sesuai dengan DBMS yang digunakan.

3. Database
Yakni basis data yang mewakili sistem tertentu untuk dikelola. Sebuah sistem basis data bisa terdiri dari lebih dari satu basis data.

4. DBMS (Database Management System)
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data. Contoh kelas sederhana: dBase, Foxbase, Rbase, MS. Access, MS. Foxpro, Borland Paradox. Contoh kelas kompleks: Borland-Interbase, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.

5. User ( Pengguna Sistem Basis Data )
Orang-orang yang berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari yang merancang sampai yang menggunakan di tingkat akhir.

6. Optional Software
Perangkat Lunak pelengkap yang mendukung dan bersifat opsional.

7. Network
 jaringan yang menghubungkan antara tempat penyimpanan satu dengan lainnya dalam lingkup yang sama, berupa jaringan pada sebuah bank, data-data cabang akan tersambung pada pusat bank itu berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar