Rabu, 24 Juni 2015

TULISAN TAKJIL

TAKJIL DI BULAN RAMADHAN





Bulan Ramadhan telah tiba, berbagai panganan takjil atau panganan untuk berbuka puasa seperti kolak, kue-kue, gorengan, dan masih banyak lagi akan kita jumpai dan dijajakan mulai dari pinggir jalan hingga area food court. Ramainya orang yang mencari takjilan selama bulan ramadhan menjadikan hal ini sebagai prospek bisnis yang cerah dijalani selama satu bulan.
Perputaran uang selama Bulan Ramadhan dari bisnis Takjil ini juga tidak bisa dianggap remeh, bayangkan saja rata-rata terjadi transaksi bisa mencapai Rp. 600 juta per hari. Bayangkan jika Anda menggarap bisnis takjil ini dengan serius berapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam sebulan.
Ada banyak pilihan jenis takjil yang bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda selama bulan Ramadhan, berikut beberapa di antaranya :
1.      Kolak
Kolak merupakan takjil khas Indonesia, kolak biasanya terbuat dari ubi atau pisang yang disajikan dengan santan selagi hangat. Hidangan kolak memang menjadi pilihan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Ada berbagai macam menu pilihan kolak yang biasanya dijajakan, misalnya kolak pisang, kolak biji salak, candil, dan lain-lain.
Tips untuk Anda yang ingin menjajakan aneka kolak, pastikan jika kolak tersebut masih terjaga kesegarannya ketika dijual. Biasanya orang mulai ramai keluar  mencari takjilan pada pukul tiga sore atau selepas shalat Ashar. Jika Anda membuat sendiri kolak tersebut, Anda bisa mulai memasak sejak siang setelah Dzuhur agar kolak bisa disajikan ketika masih hangat pada sore hari.
2.      Kue-kue dan gorengan
Selain kolak, hidangan lain yang tidak boleh ketinggalan saat berbuka adalah menu kue-kue maupun gorengan seperti bolu, lapis legit, pastel, risol, kroket, lumpia, lemper, dan masih banyak lagi. Biasanya saat berbuka puasa, makanan tersebutlah yang menjadi pengganjal perut untuk sementara sebelum masuk ke makanan utama.
Hampir sama seperti kolak, Agar produk kue-kue dan gorengan yang dipersiapkan tetap hangat hingga saat dibeli konsumen ada baiknya jika dipersiapkan beberapa jam sebelum dijual. Ketika dijajakan di tempat jualan, ada baiknya produk gorengan maupun kue ditempatkan di wadah tertutup seperti box plastik untuk menjaga kebersihannya.
3.      Minuman
Selain kolak dan sederet makanan untuk berbuka di atas, tidak sedikit orang yang mencari aneka minuman atau es pelepas dahaga ketika berbuka. Biasanya ada aneka jajanan es seperti dawet, cendol, es teler, es campur, blewah, timun suri, dan aneka minuman dingin lainnya.
Agar produk minuman tersebut tetap terjaga kesegarannya ada baiknya jika Anda membuatnya berdasarkan pesanan konsumen di tempat. Atau jika Anda tidak ingin kerepotan melayani banyak pesanan, Anda bisa menyetok produk-produk es dan minuman tersebut menggunakan cooler box atau freezer.
4.      Kurma
Selain aneka makanan dan minuman tadi, buah yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Ya, kurma! Buah keriput manis asli Timur Tengah ini seringkali ditemui di tengah-tengah jajanan takjil lainnya. Bahkan mengkonsumsi buah kurma sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan ketika berbuka sebelum mengkonsumsi makanan lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar