MARKETING
Marketing adalah satu bagian yang memiliki peran sangat penting
sekali dalam suatu perusahaan, karena marketing memiliki fungsi untuk mencari,
mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar.
Banyaknya konsumen yang dimiliki perusahaan menentukan banyaknya jumlah
pemasukan bagi perusahaan. Semakin besar pemasukan yang berhasil didapatkan,
maka perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula sebaliknya.
Meskipun demikian penting perannya dalam suatu
perusahaan, bidang marketing tidak dapat berdiri sendiri. Peran penting
marketing ini tentu juga harus didukung dengan bagian-bagian lainnya,
seperti bagian produksi, sumber daya manusia, pembelian dan keuangan terutama.
Berikut adalah beberapa pengertian marketing menurut Kotler dan para ahli lainnya.
Menurut American Marketing Association dalam Kotler dan
Keller (2009:5), “Pemasaran adalahsuatu
fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan,
dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan
dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya”.
Menurut Hasan (2013:4), pemasaran adalah proses mengidentifikasi, menciptakan dan
mengkomunikasikan nilai, serta memelihara hubungan yang memuaskan pelanggan
untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.
“Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba”. (Swastha dan Irawan, 2008:5)
“Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba”. (Swastha dan Irawan, 2008:5)
Tujuan pemasaran menurut Hasan (2013:429) mencakup
maksimalisasi keuntungan, memaksimalkan pangsa pasar, memaksimalkan penjualan,
meningkatkan citra merek, meningkatkan kepuasan pelanggan, menyediakan value dan memelihara stabilitas harga.
“Kesuksesan finansial sering bergantung pada
kemampuan pemasaran. Finansial, operasi, akuntansi, dan fungsi bisnis lainnya
tidak akan berarti jika tidak ada cukup permintaan akan produk dan jasa sehingga
perusahaan bisa menghasilkan keuntungan. Harus ada pendapatan agar laba
didapat”. (Kotler dan Keller,
2009:4)
“Proses penerapan strategi
pemasaran mengharuskan marketer untuk
mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan – pasar sasaran, memuaskan
pelanggan (lebih tinggi dari pesaing), dan menjaga pelanggan sebagai sarana
untuk keberlanjutan profit”. (Hasan, 2013:4)
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa
pemasaran adalah proses pencarian atas apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen,
menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut
dan mengkomunikasikan nilai barang atau jasa serta penciptaan hubungan dengan
pelanggan sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggan dan memberikan
laba bagi perusahaan yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar